>

Top Ten Businessman from Indonesia

Siapakah 10 pengusaha Indonesia paling sukses di tahun 2008 ini? Menurut sebuah jajak pendapat yang diadakan oleh sebuah stasiun televisi dengan slogan “The Election Channel” di beberapa kota besar di Indonesia, ada 10 pengusaha paling berpengaruh dan paling sukses di Indonesia. Mereka adalah:

  1. Aburizal Bakrie, pengusaha yang bergerak di bidang pertambangan dan telekomunikasi sekaligus seorang menteri di kabinet Presiden SBY dan merupakan orang terkaya no 1 di Indonesia di tahun 2008.
  2. Jusuf Kalla, beberapa perusahaan yang bergerak di bidang pelayaran menjadi bisnis utama keluarga Jusuf Kalla. Wakil Presiden RI ini adalah seorang pengusaha gaek asal bumi sulawesi.
  3. Bob Sadino, Om Bob sapaan akrabnya adalah pengusaha yang bergerak dalam bidang properti.
  4. Ciputra, Pak Ci sapaan akrab beliau adalah pengusaha berdarah cina yang sempat dipercaya oleh pemerintahan orde baru memegang perusahaan di bidang real estate dan perumahan. Sekarang beliau memiliki perusahaan sendiri dibawah payung Ciputra Group yang juga bergerak di bidang real estate serta pembangunan mal-mal besar di indonesia.
  5. Surya Paloh, Ketua Dewan Penasehat Partai berlambang pohon beringin ini memimpin perusahaan yang bergerak dalam bidang penyiaran dan media cetak diantaranya adalah Media Indonesia dan Metro TV.
  6. Setiawan Djodi, di era tahun 90-an dikabarkan sempat membeli saham sebuah perusahaan mobil sport dari daratan eropa dengan merk Lamborgini dan mendatangkan mobil tersebut di acara JAPEX yang diadakan oleh Jawa Pos di Surabaya. Ditahun 2008 ini dikabarkan pula akan membeli saham sebuah perusahaan pertambangan minyak asal rusia.
  7. Putra Sampoerna, adalah pendiri pabrik rokok sampoerna, dimana produk rokok mild menjadi pioner di pasaran. Beberapa tahun yang lalu keluarga Putra Sampoerna memutuskan untuk menjual seluruh saham perusahaan kepada perusahaan asal Amerika Serikat.
  8. Liem Sioe Liong, pimpinan Salim Group yang tinggal di Singapura ini membawahi beberapa perusahaan bonafit di indonesia dan sekaligus pendiri dari Bank Central Asia(BCA).
  9. Prabowo S, mantan Danjen Kopassus, anak dari begawan ekonomi Soemitro serta menantu mantan penguasa orde baru ini dipercaya memimpin perusahaan keluarganya dan kegiatannya di tahun 2008 ini menjadi ketua umum partai politik peserta pemilu 2009 berlambangkan kepala garuda serta mencalonkan diri menjadi Presiden dalam Pemilu 2009 nanti.
  10. Tommy Soeharto, anak kesayangan mantan penguasa orde baru sekaligus seorang pembalap reli yang patut diperhitungkan kemampuannya. Perusahaan mobil Timor yang didirikannya sempat eksis di tahun 90-an. memiliki rekening diluar negeri yang bernilai milyaran rupiah tetapi dibekukan atas permintaan pemerintah Indonesia.

Nah bagaimana menurut anda? Tertarik untuk menjadi seperti mereka? Atau ada informasi yang terlewatkan oleh saya?Tinggalkan saran dan kritik anda di kotak komentar yang tersedia di bawah ini.....


Related Articles:

Category Article
Powered by Blogger.
close