>

6 siasat perang

Dalam menjalankan bisnis apapun tentunya harus dipersiapkan secara matang strategi yang akan digunakan dalam bersaing memenangkan simpati client/konsumen serta bertahan dari para pesaing-pesaing baru dengan inovasi-inovasi baru yang lebih menggigit. Dalam buku “6 Siasat Perang dan Manajemen” ada 6 siasat yang digunakan oleh kerajaan cina kuno untuk meraih kejayaan serta mewujudkan negara yang damai dengan rakyatnya yang makamur. 6 Siasat perang ini sampai sekarang masih relevan untuk bisa diterapkan dalam dunia bisnis guna memenangkan persaingan.
  1. Strategi Sipil, membicarakan bagaimana sebelum berperang sebuah negara harus membangun kekuatannya dan melakukan persiapan. Diantara hal lain, ia juga menganjurkan pengangkatan pejabat berdasarkan jasa dan mendorong rakyat dengan sistem hadiah yang murah hati dan hukuman keras.
  2. Strategi Militer adalah tentang strategi yang digunakan terhadap musuh. Misalnya, sebelum berperang orang harus membuat studi perbandingan dari kekuatan dan kelemahan kedua pihak,sehingga musuh bisa dikalahkan dengan menyerang titik terlemahnya.
  3. Strategi naga, adalah yenyang komando dan kontrol militer. Ini menekankan pada pentingnya komando militer dan pelaksanaan dalam medan pertempuran. Selain menunjukkan bagaimana perintah disamp[aikan dan dikomunikasikan. Ia juga menunjukkan pentingnya mengambil keuntungan dari unsur alam.
  4. Strategi Harimau membicarakan hal-hal yang harus diperhatikan bila berperang disaerah terbuka.
  5. Strategi Macan tutul, sebaliknya, mengurusi hal-hal yang harus diperhatikan dalam pertempuran ditempat sempit.
6.Strategi Anjing, membicarakan bagaimana pasukan infantri, kereta kuda dan kavaleri bisa berperang dalam koordinasi untuk efektivitas maksimal.


Related Articles:

Category Article
Powered by Blogger.
close