>

8 Cara Gratis Mendatangkan Traffic ke Blog Anda

Begitu anda selesai membuat sebuah blog, baik itu menggunakan blogspot maupun wordpress, mengisi blog anda tersebut dengan content yang menarik dan sedikit strategi monetisasi, langkah selanjutnya yang anda lakukan adalah menjaga traffic yang bertujuan untuk membangun komunitas pembaca setia di blog anda.
Banyak cara dilakukan untuk mendatangkan ttraffic ini, mulai dengan cara membayar dengan mengikuti program PPC atau bisa juga anda lakukan dengan cara yang gratis. Kali ini kita akan membahas *8 cara jitu untuk mendatangkan traffic secara gratis ke blog anda yang baru dibuat.

1.Buatlah RSS feed anda available untuk semua orang.
RSS feed dari blog anda sangat berguna sekali untuk mendatangkan traffic secara terus-menerus atau berulangkali ke blog anda. Kebanyakan begitu sekali pembaca terdaftar di RSS feed blog anda mereka akan terus menerus menerima pesan update dari blog anda sampai mereka menonaktifkan layanan RSS feed dari blog anda. Setiap kali anda memposting sebuah content baru, merupakan kesempatan untuk membuatpara pembaca kembali ke blog anda. Jadi, sangat penting untuk menampilkan RSS feed blog anda di tempat yang mudah ditemukan oleh para pembaca..
Agar blog anda mempunyai alamat RSS feed, saya menyarankan agar mendaftarkan blog baru anda di Feedburner.

2.Ijinkan berlangganan RSS Feed melalui E-mail.
Blog dan RSS feed adalah teknologi yang masih baru bagi sebagian besar pengguna internet dan mereka masih belum terbiasa dengan teknologi ini.. jadi untuk lebih memudahkan para pembaca tidak ada salahnya kalau anda menganjurkan kepada mereka berlangganan secara gratis melalui email,teknologi yang mereka kenal. Setiap kali anda memposting sebuah artikel di blog anda, maka secara otomatis artikel ini akan terkirim melalui e-mail ke setiap pembaca yang sudah terdaftar/berlangganan.

3. Postinglah tulisan anda ke Blog lain.
Menulis content yang bernilai untuk blog anda tetap menjadi prioritas utama. Tetapi tidak ada salahnya apabila anda juga belajar memposting tulisan anda ke blog orang lain. Tentu saja terlebih dahulu anda harus meminta ijin siempunya blog. Memposting sebuah tulisan yang bernilai ke lain blog akan menarik pembaca di blog itu untuk mengunjungi blog anda juga.

4. Submit artikel anda ke artikel direktori.
Strategi ini tidak selalu berhasil 1005 setiap saat. Tapi tidak ada ruginya kalau anda mulai mencobanya. Apabila artikel yang anda submit disetujui dan dimuat di artikel direktori maka kesempatan artikel tersebut di baca banyak orang sangat besar dan ini akan mendatangkan traffic ke blog anda melalui tautan balik yang sudah terpasang di artikel yang anda submit. Dari Indonesia artikel direktori yang saya rekomendasikan adalah Lintasberita.com dan Infogue.com.

5. Bergabunglah dengan blog carnival dan komunitas Blogger
Blog carnival adalah postingan yang ada di blog yang merupakan ringkasan terbaik dari beberapa content yang berasal dari berbagai sumber dan dipublikasikan mingguan. Jika content anda terpilih dalam blog carnival maka akan mendatangkan traffic yang sangat bagus. Metode ini sangat mudah untuk digunakan karena anda sudah mempublikasikan content yang bagus, jadi yang harus anda lakukan adalah mensubmit content tersebut agar masuk dalam blog karnival.. untuk menemukan blog carnival yang sesuai dengan tema blog anda, coba anda kunjungi BlogCarnival.
Cara lain yang bisa digunakan adalah bergabung dengan beberapa komunitas blogger. Banyak blogger yang bergabung dengan komunitas blogger untuk menemukan blog yang bagus dan membaca topik tertentu. Mulailah bergabung dengan MyBlogLog dan BlogCatalog Anda akan menemukan komunitas blog yang sesuai dengan tema blog anda. Dari kedua metode diatas mungkin salah satunya akan memberikan traffic yang bagus ke blog anda.

6. Memberikan Komentar di Blog lain.
Para Blogger menyukai hal ini ketika para pembaca di blog mereka memberikan komentar atau terlibat dalam diskusi tentang artikel yang baru saja di posting. Yang lebih abaik apabila anda meninggalkan komentar di blog orang lain, tautan balik ke blog anda otomatis terposting di blog mereka dan menuju ke blog anda(membangun link popularity dan search engine ranking).
Strategi membangun traffic dengan cara ini bekerja dengan baik apabila anda adalah 3 komentator pertama atas artikel yang baru saja diposting. Sedikit kontroversial dengan komentar anda akan menyemarakkan suasana. Tentu saja komentar anda tersebut harus berkualitas dan sesuai dengan topik artikel. Jangan sampai komentar anda keblabasan yang nantinya akan menjadi boomerang dan anda tidak boleh berkomentar di blog tersebut.

7. Menjadi member aktif di forum.
Temukan beberapa forum yang bagus sesuai dengan tema blog anda dan bergabunglah didalamnya secara aktif. Jawablah pertanyaan dari member yang membutuhkan dan bantulah mereka apabila mempunyai kesulitan. Cara ini akan mempercepat status anda menjadi expert dan meraih kepercayaan dari anggota yang lain.

8. Gunakan Trackback.
Memberikan komentar atas artikel yang dipublish oleh blog orang lain didalam blog anda adalah salah satu kesempatan yang baik untuk menjalin hubungan(traffic). Apabila trackback mereka aktif, biasanya mereka akan memberikan link balik ke blog anda didalam salah satu artikel yang mereka terbitkan.

Nah semoga cara-cara diatas dapat membantu bagi anda yang baru memulai ngeblog yang memang bertujuan untuk memonetisasi blog anda dan belajar menjadi internetpreneur. Apabila ada saran dan tips menarik yang lainnya, saya nantikan komentar anda di bawah postingan ini.


Related Articles:

Category Article
Powered by Blogger.
close