>

karyawan oh karyawan

Karyawan yang bekerja disebuah perusahaan adalah merupakan aset yang paling berharga yang wajib dan layak dijaga demi kelangsungan hidup perusahaan. Banyak sekali pengusaha yang kurang memperhatikan keberlangsungan hidup dari karyawannya dan seringkali pula perusahaan tersebut didera masalah dan akhirnya mempengaruhi produktivitas produksi.
Menjaga agar aset(karyawan) bisa terus setia dengan perusahaan adalah pekerjaan yang harus dilakukan secara bertahap dan terencana dengan baik. Tanpa bermaksud untuk menggurui siapapun berikut tips-tips agar aset(karyawan) bisa setia dengan perusahaan:
  1. Ciptakan suasana yang “cooperative” antar karyawan. Banyak sekali pengusaha yang menciptakan suasana persaingan antar karyawannya, hal ini akan berujung pada menang-kalah dan sakit hati yang terus menerus sehingga mempengaruhi produktivitas kerja karyawan yang bersaing. Semangat kerjasama lebih baik daripada suasana persaingan karena masing-masing pihak menyadari tugas yang diembannya dan suasana kerjasama yang baik akan membentuk tim yang solid untuk pencapaian tujuan-tujuan yang telah ditetapkan perusahaan.
  2. Berikan penghargaan. Memberikan penghargaan kepada karyawan yang telah mencurahkan segenap tenaga dan pikirannya demi perusahaan adalah keharusan. Dengan memberikan penghargaan kepada satu karyawan yang berprestasi akan mengundang karyawan lainnya untuk bisa lebih berprestasi, dengan demikian tercipta karyawan-karyawan yang mempunyai loyalitas besar terhadap kepentingan perusahaan.
  3. Beri mereka kesempatan untuk berkembang. Didalam buku strategi perang Sun Tzu dikatakan bahwa kalau negara ingin maju, maka harus ada orang-orang pintar didalamnya. Hal ini berlaku juga bagi perusahaan. Memberikan pelatihan dan pendidikan kepada karyawan agar mempunyai tingkat pengetahuan yang lebih baik adalah keharusan demi kepentingan perusahaan.
  4. Terapkan aturan tanpa pandang bulu. Menerapkan aturan secara tegas bagi karyawan yang bertindak indisipliner adalah suatu keharusan. Tapi, pada prakteknya banyak perusahaan yang menerapkan aturan bagi karyawan level bawah dan tidak menyentuh karyawan level atas setingkat manajer. Hal ini akan berdampak buruk bagi kelangsungan hidup perusahaan dimasa depan. Menerapkan aturan secara tegas dan tanpa pandang bulu akan menciptakan suasana keadilan bagi setiap orang.
  5. Menjalin hubungan yang harmonis antara perusahaan dengan keluarga karyawan. Hal ini bisa dilakukan dengan mengadakan rekreasi bersama mengajak keluarga karyawan ikut serta. Memberikan gambaran serta mensosialisasikan visi perusahaan dimasa mendatang kepada keluarga karyawan disela-sela rekreasi berguna untuk meyakinkan karyawan dan keluarganya bahwa perusahaan peduli akan nasib mereka, dan bisa mendorong keluarga untuk lebih memberikan support kepada karyawan yang bekerja. Support yang terbesar dan motivasi terbesar dari setiap karyawan untuk tetap bekerja datangnya berasal dari orang-orang terdekat yaitu keluarga. Memperhatikan keluarga karyawan juga bisa berguna untuk mencari generasi-generasi penerus yang dibutuhkan perusahaan dengan biaya yang relatif murah dimana loyalitasnya demi kepentingan perusahaan tidak diragukan lagi daripada harus mencari ke sekolah-sekolah ataupun lembaga-lembaga pelatihan kerja.


Related Articles:

Category Article
Powered by Blogger.
close