>

Kuadran kiri dan Kuadran kanan

Pada postingan terdahulu saya sempat menyinggung tentang cara untuk membangun aset versi dari buku The Cashflow Quadrant karangan dari Robert T Kiyosaki. Pada postingan kali ini saya akan coba mereview tentang 4 quadrant atau 4 tipe dimana orang mendapatkan penghasilannya.
Dengan mengetahui di quadrant mana anda memperoleh penghasilan akan memberikan gambaran kepada anda kira-kira seberapa besar penghasilan anda, seberapa besar aset anda yang terkumpul, seberapa banyak waktu yang anda punyai untuk di habiskan dengan keluarga anda dan lain-lain.
Sebelum saya mencoba mereview tentang di quadrant mana saat ini penghasilan anda berasal ada baiknya anda melihat gambar di bawah ini:



Dari gambar diatas ada 4 kolom yang masin-masing mewakili posisi darimana penghasilan anda berasal, saya sendiri lebih menyukai pembagian quadrant kanan(B dan I) dan quadrant kiri(E dan S).

  • Quadran Kanan atau bisa disebut quadran pasif income.
B adalah singkatan dari bussines owner atau pemilik bisnis, orang yang bekerja di kuadran ini memiliki perusahaan dengan jumlah pekerja diatas 1000 orang dan semua sudah diatur dengan sistem yang teruji, contoh: Alim Markus dengan Maspion Grupnya, Bill Gates dengan microsoft dan lain-lain.
I adalah singkatan dari Investor yaitu orang-orang yang menginvestasikan uangnya untuk memperoleh penghasilan. Ada berbagai macam investasi salah satunya adalah dengan membeli saham dari perusahaan yang sedang go public. Contoh orang yang memperoleh penghasilan sebagai investor diantaranya Waren Buffet, Robert T Kiyosaki dll.
  • Quadran Kiri atau aktif income.
E singkatan dari employee adalah golngan orang-orang yang memperoleh penghasilannya dengan bekerja untuk orang lain. Contoh dari golongan E adalah karyawan, buruh, pegawai dan lain-lain.
S adalah singkatan dari self employee adalah orang orang yang bekerja seorang diri tanpa terikat dengan aturan dari orang lain, contoh profesi dari golongan ini adalah pengacara, dokter dan lainnya.
Setelah membaca tulisan ini saya yakin anda sudah mengetahu dari quadrant mana penghasilan anda berasal.
Pada postingan selanjutnya saya akan mereview keuntungan dan kerugian bekerja di masing-masing kuadran.


Related Articles:

Category Article
Powered by Blogger.
close