>

10 kunci Sukses WAL-MART

10 kunci Sukses WAL-MART

  • Dedikasikan diri pada perusahaan anda. Yakinilah, bisnis anda lebih daripada orang lain. Sam Walton berhasil mengatasi semua kekurangan dengan semangat tinggi dalam mengerjakan tugas. Sam Walton tak tau apakah semangat ini merupakan warisan sejak lahir ataukah dapat dipelajari. Yang jelas anda membutuhkannya. Kalau mencintai pekerjaan, setiap hari anda berusaha mungkin sehingga semua orang akan ketularan semangat ini.
  • Bagikan keuntungan kepada seluruh teman sejawat dan perlakukan mereka sebagai mitra. Sebagai balasan, mereka pasti memperlakukan anda sebagai mitra. Bersama anda mereka akan bekerja lebih baik daripada yang diperkirakan siapapun. Berlakulah sebagai pemimpin sekaligus pelayan. Tanamkan semangat ikut memiliki perusahaan. Tawarkan saham dengan potongan harga, dan beri mereka saham ketika pensiun.
  • Uang dan kepemilikan belumlah cukup. Setiap hari pikirkan cara baru yang lebih menarik untuk memotivasi dan memberi tantangan kepada mitra anda. Pancangkan tujuan yang tinggi, peliharalah suasana kompetitif, tapi catat prestasi mereka. Buatlah perlombaan dengan berbagai hadiah memikat. Namun kalau suasana membosankan, adakan perubahan. Para manajer bisa bertukar pekerjaan untuk mendapat tantangan baru.
  • Kalau bisa komunikasikan semua hal kepada seluruh mitra kerja. Semakin banyak mereka tau, semakin besar pemahamannya. Dengan begitu mereka akan semakin peduli dan tak akan ada yang bisa menghentikan mereka. Informasi adalah kekuatan. Keuntungan yang anda dapatkan dengan memperkuat rekan sejawat ini akan lebih besar daripada resiko bocornya informasi anda ke para pesaing.
  • Hargailah apa yang telah dilakukan teman sejawat. Gaji dan saham hanya bisa membeli sedikit kesetiaan. Semua orang senang dihargai atas apa yang dilakukannya bagi orang lain. Bila perlu, berilah penghargaan sesering mungkin, terutama kalau mereka melakukan sesuatu yang membanggakan. Tak ada yang dapat menggantikan pujian tulus yang dilakukan pada tempat dan waktu yang tepat.
  • Rayakan keberhasilan anda. Jadikan kegagalan sebagai hiburan. Kendurkan saraf sedikit, dengan demikian orang-orang di sekitar anda akan melakukan hal yang sama. Kalau semua gagal berantakan, kenakan kostum menggelikan dan ajaklah orang lain bernyanyi. Hiburan seperti ini selain penting juga bisa mengelabui pesaing. “Mengapa kita harus menganggap serius orang-orang gila di Wal-Mart itu?”.
  • Dengarkan semua orang di perusahaan anda. Cari jalan agar mereka mau bicara. Bekerja di garis depan – misalnya para penjual, adalah yang mengetahui apa yang sebenarnya terjadi. Inilah yang dinamakan kualitas total. Untuk memberikan tanggung jawab dan mendorong munculnya gagasan-gagasan baik, dengarkan apa yang disampaikan para sejawat.
  • Lampaui harapan para pelanggan. Dengan demikian mereka akan terus datang ke toko anda. Berikan lebih dari yang mereka inginkan. Beritahu bahwa anda menghargai mereka. Jangan malu meminta maaf kalau berbuat salah. Kalimat pertama yamg ditulis Sam Walton di papan nama Wal-Mart adalah: “Kepuasan dijamin”. Kata-kata itu terbukti membawa keberhasilan.
  • Kendalikan pengeluaran anda lebih baik dari pesaing. Disinilah letak competitive edge-nya. Selama 25 tahun, jauh sebelum Wal-Mart dikenal sebagai pengecer terbesar di AS, kami telah menduduki tempat pertama di lingkungan industri ini sebagai perusahaan pengecer dengan rasio pengeluaran – penjualan terendah. Anda selalu dapat memperbaiki kesalahan bila menjalankan operasi secara efisien. Karena meski sudah menjalankan operasi dengan bagus, kalau tidak efisien, anda masih bisa merugi.
  • Berenanglah melawan arus. Ambillah jalan lain. Jangan perhatikan cara yang lazim ditempuh orang banyak. Dengan begitu anda berkesempatan lebih besar untuk mendapatkan tempat yang khas. Namun bersiaplah menerima kritik dan tudingan orang yang akan menyalahkan anda.
sumber: Di balik sukses para pebisnis top

Related Articles:

Category Article
Powered by Blogger.
close